Minggu, 23 November 2008

Mengenal lebih jauh Visual Studio .NET

Selama ini pada developer atau software house di negara kita banyak yang menggunakan RAD Tool seperti Delphi, Visual Basic 6 maupun Visual Fox Pro. Dan saat ini sebenarnya telah muncul IDE baru dari Microsoft yaitu Visual Studio .NET yang juga merupakan RAD Tool (Rapid Application Development Tool) untuk aplikasi .NET yang merupakan kerangka baru dalam pembuatan aplikasi komputer dari Microsoft.


Apakah Visual Studio .NET 2003?

Visual Studio .NET 2003 adalah alat bantu dengan dukungan multi-language untuk membangun dan mengintegrasikan XML Web services dan aplikasi-aplikasi. Visual Studio .NET 2003 memberikan lingkungan sangat produktif di mana kita dapat membuat aplikasi menggunakan teknologi Microsoft .NET yang luas dan saling terkoneksi. Menggunakan lingkungan run time Microsoft .NET Framework, Visual Studio .NET meberikan Anda tool yang ampuh untuk mendesain, membangun, mentes, dan mendeploy/mendistribusikan Web Services dan aplikasi.

Apa yang baru di Visual Studio .NET 2003 dibandingkan versi Visual Studio .NET sebelumnya?

- .NET Compact Framework yaitu fasilitas pembuatan aplikasi untuk smart device seperti Pocket PC
- .NET Framework versi 1.1 yang lebih baru, lebih lengkap dan lebih stabil dibandingkan versi sebelumnya
- Bahasa pemrograman J# yaitu bahasa Java untuk .NET

Apa saja kelebihan dan fasilitas yang ada pada Visual Studio .NET yang pada tahun 2003 ini telah dirilis versi terbarunya yaitu versi 2003 (mengikuti tahun diluncurkan)?

Kelebihan atau fasilitas yang ada pada Visual Studio .NET antara lain adalah:

- Pilihan bahasa pemrograman yang ingin digunakan.

Anda dapat memilih penggunaan bahasa pemrograman yang diinginkan, seperti C#, Visual Basic .NET, J#, Visual C++ .NET maupun bahasa pemrograman lain yang telah diporting ke .NET.

- Visual Forms Designers

Fasilitas Visual Form Designer yang memberikan fasilitas drag-drop dan editing aplikasi desktop yang sangat menolong dalam menangani GUI (Graphical User Interface) untuk aplikasi Windows, Web serta aplikasi mobile

- Component Designer and Server Explorer

Kedua fasilitas ini membantuk dalam pembuatan komponen logik bisnis untuk middle tier secara visual yang juga dilengkapi ADO.NET dan Visual Database Tools yang mendukung pembuatan software berbasis database.

- Fasilitas pembuatan installer aplikasi windows

- Terintegrasi erat dengan .NET Framework

- Dukungan kuat terhadap XML dan pembuatan XML Web Services

- Pembuatan aplikasi Smart Device

- Pembuatan aplikasi ASP.NET yang dapat diakses mobile/wireless device dengan rendering otomatis

Tidak ada komentar: