Minggu, 23 November 2008

Tutorial Cara Mengupload Web ke Internet

Sebenarnya hal ini bukan pekerjaan yang sulit, yang dibutuhkan hanya kebiasaan dan pengalaman mengupload web ke internet. Kalau yang diupload hanya web statis, artinya tidak menggunakan database, cukup menggunakan ftp client (program ftp kayak filezilla, SmartFTP, kalau saya menggunakan plugin ftp untuk notepad++. Tetapi bagaiman jika web yang mau diupload adalah web dinamis yang menggunakan database? Jangan kemana2, saya akan menunjukkan caranya, mudah kok.Ada beberapa langkah yang bisa diikuti, tidak harus sih.
Dumping database di komputer lokal. Istilah dumping itu berarti membackup database ke dalam bentuk file teks biasa. Setelah men-dumping database lokal, anda akan mendapatkan file teks yang berisi struktur database dan data dari database itu. Simpan file tersebut baik-baik. Sebagai catatan, untuk mendumping database, anda bisa menggunakan PHPMyAdmin atau program SQL front.
Setelah itu kopi semua file-file web anda ke dalam web server di internet dengan menggunakan program ftp, misalkan filezilla
Buat sebuah database, melalui Cpanel->Wizard Create Database
Gunakan PHPMyadmin web server anda untuk me-restore database.Saat ini hampir semua web server menggunakan PHPMyadmin untuk mengatur database. Program ini sama dengan yang anda miliki di komputer lokal. Cara untuk masuk ke dalam PHPMyadmin web server, masuk ke Cpanel->Database MySQL->PHPMYadmin.
Restore database yang sudah di backup tadi dengan memilih menu import.
Sesuaikan konfigurasi koneksi ke database. Biasanya aplikasi web memiliki file yang digunakan untuk koneksi ke database. Sesuaikan koneksi databasenya, berupa user database, nama database dan password.
Selesai.

Tidak ada komentar: